Rabu, 11 November 2015

Integrasi WP-Affiliasi dg Autoresponder

Saya coba jelaskan konsep integrasinya. Karena ada banyak autoresponder dan yg pasti menu-nya beda-beda, maka secara konsep step by step integrasinya sebagai berikut:
  1. Bikin custom field di autoresponder (istilahnya mungkin beda-beda), intinya adalah isian tambahan untuk data username dan password. Jika tidak mendukung custom field, pake aja field yg lain misalnya alamat atau last name
  2. Generate form (istilahnya beda-beda, ada yg create, generate, build, dll). Bikin form dengan isian minimal 4 yaitu:
    • Nama
    • Email
    • Username
    • Password 
  3. Dapatkan kode HTML Form-nya
  4. Coba pasang di text widget untuk menguji apakah form-nya bekerja dengan baik atau tidak. Jika bekerja dengan baik, harusnya data nama, email, username dan password tercatat di list subscriber. Jika tidak berhasil, silahkan minta bantuan admin autoresponder.
  5. Ekstrak kodenya menggunakan tool form extractor di sini: http://cafebisnis.com/tool/extractor
  6. Lihat hasilnya, pastikan ada isian untuk 4 data wajib di atas. Name-nya harus anda kenali, mana name untuk nama, mana name untuk email, untuk username dan utk password 
  7. Copy paste hasil extract ke menu Pengaturan umum. Name-nya sama persis semua, sedangkan value untuk 4 data gunakan kode2:
    {{nama}} = Nama Member
    {{email}} = Email Member
    {{username}} = Username Member
    {{password}} = Password Member
  8. Kembali ke panel autoresponder, siapkan email pertama (email yg dikirim ketika member berhasil validasi). Isi email harus ada isian:
    • username
    • password 
  9. Kode untuk username dan password tiap autoresponder pasti beda-beda, jadi silahkan tanya atau cari-cari di help-nya 
Nah, itu aja yg penting untuk integrasi. Sedangkan yg lain misalnya email validasi, email konfirmasi, halaman pemberitahuan kalau sukses, dll silahkan ditanyakan ke admin autoresponder gimana cara custom-nya karena itu gak ada hubungannya dengan wp-affiliasi lagi.
Jadi kalau disimpulkan, ini mirip form autoresponder untuk sharing ebook. Bedanya yg kita sharing adalah username dan password member tersebut. Karena itu, sebaiknya di form registrasi, jangan cantumkan isian username dan password agar member terpaksa validasi untuk dapatkan datanya.
Di versi 3.0.5, validasi cukup dilakukan dg cara login. Jadi, setelah member validasi autoresponder dan mendapat email pertama, mereka harus login di web agar valid statusnya. Meski begitu, jika kebetulan anda bertemu member yang gaptek sehingga gak login meski sudah validasi autoresponder, anda tetap bisa mengupgrade akunnya menjadi premium member jika dia sudah membayar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar